Kamis, 26 Juli 2012

Perjalanan saya di dunia anime sebagai leecher dan fansubber Part 2

IRC

Dari sinilah saya mulai mengenal karakter staff fansub, bagaimana cara mereka bekerja, dan hal-hal apa saja yang mereka bicarakan (gosipkan :LOL). Ah, baru ingat... bulan ini kira-kira sudah satu tahun saya bergabung dengan channel (#moesubs khususnya). Begitu masuk sana, sulit sekali untuk mengikuti apa yang mereka bicarakan, entah masalah web, ataupun sekadar pembicaraan santai antar staff. Mungkin karena mereka sudah kenal satu sama lain dan domisili mereka yang tidak begitu jauh. Bahkan sampai saat ini saya masih kesulitan mengikuti, dan hanya melontarkan obrolan ringan.


Nah, menyambung masalah repsoler (tukang repost) yang saya singgung di tulisan sebelumnya. Wajar saja kalau mereka iri, namanya juga susah payah ngesub sekitar 12-26 episode, banyak yang donlod rilisan mereka, tapi nggak ada yang berkunjung ke web mereka. Kita semua juga sama-sama manusia, sangat ingin dengan suatu hal yang namanya "feedback". Jujur, aku sendiri ngesub AQUARION juga mengharapkan feedback/komentar dari kalian yang baca tulisanku ini.

Ya, bisa dibilang kalau ketertarikan saya mulai nge-sub dimulai sejak bergabung ke channel ini. Dimulai dari proyek saya yang pertama yaitu "Fullmetal Alchemist - Milos no Seinaru Hoshi". Bisa dibilang waktu itu saya masih sangat buta dengan yang namanya Aegisubs. Dan waktu itu yang masih setia membantu saya adalah Arv dari lulusubs dan Atsu dari moesubs. Mulai dari opening video hingga tahap akhir finishing yaitu muxing. Tautannya bisa dilihat di sini (promosi :v) http://shinemywords.blogspot.com/2012/03/fullmetal-alchemist-sacred-star-of.html

FANSUBS
Sampai kira-kira winter 2011 saya masih saja numpang nongol di channel, yah... sesekali tanya rilisnya kapan atau sesekali melihat sesama staff membully satu sama lain, dan saya masih sesekali bertukar anime dengan teman. Sampai muncul anime Aquarion evol, ternyata saya sangat suka ceritanya, pacenya juga cocok di saya. Udah ah, cerita evolnya, nanti dikira membanggakan proyek sendiri. 

Seingat saya kalau nggak salah lulusubs musim itu membuat terobosan, dengan memindahkan semua link download ke forum mereka. Hasilnya? cukup fantastis. Forum mereka rame, dan ditambah dengan thread tutorial ngesub, semakin banyak orang yang bercokol disana  berpikiran untuk membuat fansub sendiri.(mungkin, karena tentu saja motivasi berasal dari segala sumber. Tapi ini hanya pengamatan saya pribadi dan tidak ada maksud buat flamming/cari rusuh). Entah apa motivasi mereka, yang jelas sekarang situs perengek semakin rame.

KANINDO
things getting serious here~


Entah kapan bulannya, tahu-tahu saya sudah tergabung dalam grup FB kanindo. Awal-awal saya lihat sekitar februari, grup ini masih menjadi tempat curhat para staff yang bingung dengan typesett atau sekedar tanya link download ini dimana, dsb. Saya juga dulu tidak begitu sering ngecek kanindo, jadi tidak bisa cerita secara detail.

Mulai Spring 2012, wow. Itulah kata yang saya ucapkan saat melihat grup ini lagi, ternyata buaaanyak fansub baru bermunculan. sampai-sampai saya bingung mau unduh yang mana. Saya lihat disini "senior" (dalam tanda kutip, yang berpengalaman atau yang pro) mulai menyindir-nyindir karena dirasa fansub baru tersebut kurang memperhatikan kualitas. Dan juga banyak yang menurut mereka sekali sub, tinggal alias "One shot leave".

Yang saya lihat di sini, fansub yang sudah berumur 1 tahunan yang masih konsisten, mulai mengarahkan tujuannya ke kualitas internasional, seperti isu XDCC misalnya, atau penambahan size supaya mata tidak eyecancer. Oke deh, kalau penambahan kualitas oke, tapi kenapa sizenya harus 200 keatas? apa nggak bisa dikurangi sedikit, encoder?? 


Yah, percuma bertanya, toh saya sudah tahu jawabannya. Hanya saja sekedar fakta, kalau harga harddisk masih melambung tinggi, terakhir saya tanya, HDD internal WD 320 gb itu sekitar 650.an. Di tengah iklim perekonomian yang sedang tidak kondusif ini, bukankah seharusnya kita prihatin? ditambah lagi isu krisis energi yang semakin meluas.
Pesan saya untuk menutup artikel kali ini adalah : Setidaknya jadilah fansubs indonesia berkualitas internasional, dengan menghargai tata bahasa sendiri, tapi pedulilah juga dengan keadaan sekitar. Dan jangan lupa, tetap rendah hati.

Ah~ tidak lupa, sumber inspirasi saya menulis ini adalah ketika saya membaca ini saat sahur
http://filsafat.kompasiana.com/2009/11/02/dua-surga-mengering/
semoga Allah memberkahi apa yang kita lakukan dalam bulan Ramadhan ini.

Note : Tulisan ini ditulis memperingati sekitar 1 tahun saya berkecimpung di dunia fansub. Masih akan saya sambung lagi, tapi dalam sudut pandang yang berbeda. Yaitu saya sebagai mahasiswa teknik elektro UNDIP


Sekian, jika ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.
Wassalamu 'alaikum wr.wb



2 komentar:

KitsuneKyuu mengatakan...

Neo Su ternyata suka curcol. :3

Neos mengatakan...

Pufft, apa gunanya blog sendiri?
<( ‾▿‾)-σ